Tahu emang bisa dimakan dengan berjuta cara. Di Solo, ada yang namanya Tahu Kupat, atau mungkin kalo di daerah lain itu dikenalnya dengan nama Ketupat Tahu. Selain tahu putih yang digoreng dan ketupat, pelengkapnya ada mie kuning, kacang, dan sejenis bakwan. Semua komponen itu kemudian disiram oleh kecap manis dan sedikit cuka, yang sebelumnya juga sudah dibumbui dengan bawang putih.

Karena disiram dengan kecap, rasa manisnya mungkin kurang menantang bagi sebagian orang. Saya pun juga bukan termasuk penikmat makanan manis, sehingga suatu kali waktu saya makan ini, saya meminta sambal tambahan. Padahal, yang saya pesan itu udah tergolong pedas lho.

Eh..dan tau ga. Saya disodori sepiring ini:

Masnya kesel kali ya, jadi saya dijejelin cabe beginian. Kalo kata saya, pedesnya kayak ditendang kuda!

@suatu warung kupat tahu,Solo, 2011

